Seni ukiran, merupakan salah satu kesenian yang telah lama ada di Nusantara, sejak zaman batu tepatnya. Jika mendengar kata ukiran pasti yang terlintas di benak teman-teman adalah para pengrajin tradisional di berbagai daerah di Indonesia, benar kan? Para pengrajin dengan terampil menggunakan peralatannya untuk mengukir di suatu permukaan tertentu, bisa di permukaan kayu, batu, ataupun logam. Tidak hanya medianya, objek yang dijadikan ukiran pun bermacam-macam. Dari mulai pola-pola abstrak, gambar makhluk hidup, maupun beberapa huruf dan simbol

Nah teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang ukiran yang ada di perhiasan… Yuk disimak!

Ukiran pada perhiasan tentunya akan memberikan kesan personalisasi dan keistimewaan tersendiri bagi pemiliknya. Terutama jika perhiasan tersebut merupakan benda istimewa seperti cincin pertunangan atau cincin pernikahan.

Tapi kita tidak boleh gegabah dalam memperlakukan perhiasan ya, terutama perhiasan berharga seperti emas. Proses ukir tradisional yang dilakukan oleh para pengrajin boleh saja mempunyai ciri khas tersendiri, tapi dari segi teknis banyak variabel yang bisa merugikan atau merusak perhiasan kita. Apa saja sih? Yuk kita bahas!

3 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mengukir Perhiasan di Pengrajin

1. Mengurangi berat perhiasan

Proses ukiran tradisional masih menggunakan metode menggores, memahat, ataupun menoreh pada suatu permukaan. Hal ini tentunya akan mengakibatkan material perhiasan kita terbuang. Wah jika emas pasti sayang sekali ya harus ada yang terbuang, nilai jualnya pun akan berkurang

2. Perhiasan rentan rusak tergores

Mengingat peralatan yang digunakan oleh para pengrajin harus tajam, maka terdapat resiko juga peralatan ini akan menggores bagian-bagian yang tidak diinginkan di perhiasan kita. Duh, menyeramkan ya, kalo sudah tergores tidak bisa hilang!

3. Kualitas ukiran tidak terstandarisasi

Nah yang terakhir ini untuk kepuasan kita sebagai penikmat perhiasan. Pastinya kita ingin hasil ukiran yang bagus dan memuaskan, tapi sayangnya karena jasa ukir tradisional murni menggunakan tangan manusia maka belum ada standard yang bisa memastikan kualitas ukiran. Kualitas ukiran tradisional murni bergantung pada keahlian pengrajin yang kita minta jasanya. Wah, jadi agak deg-degan ya nanti menunggu hasilnya.


Ukir Cincin dengan Kualitas Terbaik

Lalu jika kita masih ingin membuat ukiran di cincin emas kita, supaya tidak merusak baiknya bagaimana ya? Nah baiknya teman-teman pecinta perhiasan mencari jasa ukir yang menggunakan teknologi canggih, seperti contohnya adalah ukiran menggunakan laser atau laser engrave. Laser engrave merupakan suatu teknologi ukiran memanfaatkan alat berbasis laser, sehingga hasil ukirannya sudah pasti terstandarisasi ya! Selain itu hal lain yang menarik dari laser engrave ini adalah: tidak mengakibatkan pengurangan berat perhiasan, wow kan!

Ini dia alat canggihnya: laser engrave machine

Pasti pertanyaan selanjutnya yang muncul: wah, kira-kira kena biaya berapa ya untuk laser engrave ini? Nah teman-teman bisa coba cek jasa engrave cincin menggunakan teknologi laser, pasti mbah Google bisa bantu juga. Tapi yang pasti salah satu tempat terbaik untuk laser engrave adalah di TIARIA! Terbaik disini bukan hanya dari hasil ukiran yang dipastikan kualitasnya ya, tapi juga karena layanan ini mereka berikan secara GRATIS TIS TIS loh… Asyikk siapa sih yang tidak suka layanan gratis, hehe.

Salah satu hasil laser engrave di TIARIA

Jadi bagi kalian yang mau punya perhiasan istimewa dengan ukiran nama kalian dan orang terkasih di dalamnya, jangan ragu lagi untuk pilih layanan laser engrave di TIARIA. Yuk lihat koleksi perhiasan TIARIA dan manfaatkan layanan free laser engrave dari mereka!

Free Engrave Voucher di TIARIA