Memilih cincin tunangan bisa jadi hal yang cukup menyulitkan. Terlebih, cincin pertunangan merupakan simbol keseriusan sebuah hubungan. Ada beragam hal yang harus dipertimbangkan saat memilih sebuah cincin pertunangan. Mulai dari desain, harga, kenyamanan dalam pemakaian, hingga material yang digunakan.

Dari sekian banyak jenis logam, emas dan platinum merupakan material yang kerap digunakan sebagai bahan baku membuat cincin tunangan. Kedua logam ini sama-sama memancarkan kesan elegan pada saat digunakan. Namun, di antara kedua material ini, mana yang lebih baik? Apakah cincin dari bahan emas atau cincin dari bahan platinum?

Perbandingan dari Segi Penampilan

Cincin emas secara umum memiliki warna kuning natural. Terutama untuk emas murni 24 karat. Meski begitu, saat ini terdapat beberapa emas campuran yang didesain sehingga memiliki warna yang menarik. Seperti emas putih, rose gold, ataupun emas hijau. Dengan menggunakan cincin emas, Anda akan mendapatkan berbagai pilihan variasi warna.

Sementara itu, cincin tunangan dari bahan platinum memancarkan warna putih yang elegan. Warna pada cincin platinum tidak akan pernah pudar, jadi Anda tidak perlu melakukan proses pelapisan karena warna yang luntur seperti pada emas putih. Tidak heran kalau platinum menjadi bahan yang populer untuk pembuatan cincin pertunangan ataupun cincin kawin.

Perhiasan emas berlian white gold 18K diamond chic classic
Perhiasan emas berlian white gold 18K diamond chic classic

Perbandingan dari Segi Harga

Emas dan platinum merupakan sama-sama logam dengan harga yang tinggi. Harga per gram dari kedua bahan ini juga sebanding. Hanya saja, cincin platinum memiliki kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan cincin emas. Biasanya, cincin platinum memiliki tingkat kemurnian mencapai 95%. Sementara itu, cincin emas lebih bervariasi, mulai dari 14 karat (58%), 18 karat (75%), hingga 24 karat (100%).

Tiaria Perhiasan cincin emas berlian White Gold 18K Diamond
Tiaria Perhiasan cincin emas berlian White Gold 18K Diamond

Perbandingan dari Segi Kenyamanan Pemakaian

Cincin platinum memiliki kerapatan lebih tinggi dibandingkan cincin emas. Hal ini berimbas pada saat digunakan. Cincin platinum memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan cincin emas. Jadi, bagi Anda yang ingin cincin dengan bobot yang tidak terlalu berat, cincin emas adalah pilihan yang tepat.

perhiasan emas cincin ring jewelry
Sparkle Mesh Ring

Cincin tunangan emas atau platinum sama-sama memiliki keunggulannya masing-masing. Dan yang paling penting, keduanya sama-sama memancarkan kemewahan tersendiri. Kedua bahan ini juga tidak menimbulkan alergi. Jadi, Anda tinggal menyesuaikan pilihan cincin sesuai dengan bujet.

Nah, Kalau masih bingung memilih cincin yang tepat, Anda bisa menghubungi Tiaria yang dengan senang hati akan memberikan pilihan cincin tunangan terbaik untuk Anda dan pasangan. Kami dapat dihubungi melalui chat online atau dapat melalui Whatsapp di 0888-9966-688 / 0888-8989-666 / 0888-6689-999/0888-6789-666.

TIARIA wish you happiness


READ MORE↓

←Model Cincin Tunangan Berlian part 1

←Harga Cincin Tunangan

Leave a Reply

Your email address will not be published.