→CINCIN TUNANGAN←

Berlian adalah batuan yang sangat cantik dan bernilai jual tinggi. Karena nilai jual yang tinggi itulah, mulai banyak orang yang mencoba berinvestasi melalui berlian, sayangnya muncul pula oknum yang memanfaatkannya untuk keuntungan mereka sendiri, dengan cara menjual berlian palsu. Berikut beberapa hal yang dapat kami bagikan mengenai cara untuk mengenal CIRI BERLIAN ASLI:

round1
1. Keras

Berlian adalah batuan yang paling keras. Jika Anda membeli sebuah berlian, kemudian saat Anda coba gigit atau terkena benturan keras dengan benda lain dan berlian itu rusak, maka dapat dipastikan jika berlian Anda palsu.

2. Dapat Menggores Benda Lain

Karena berlian merupakan batuan terkeras di bumi, maka berlian mampu menggores benda apapun. Untuk mengetes keaslian berlian, Anda dapat mencoba menggoreskan berlian tersebut ke permukaan kaca. Apabila kaca itu tergores, tetapi berlian Anda baik-baik saja, itu membuktikan bahwa berlian Anda asli.

round23. Tidak Bisa Berkabut dan Menjadi Panas

Hal lain yang dapat Anda coba terapkan untuk mengetes keaslian berlian Anda, adalah dengan mencoba menghembuskan nafas ke permukaan berlian. Apabila kabut pada permukaan berlian hanya terlihat sekejap lalu hilang, yakinlah bahwa berlian Anda asli. Selain itu, Anda dapat juga mencoba untuk memanaskan berlian tersebut. Jika menjadi panas, berarti berlian tersebut palsu.

4.Tenggelam di Air

Berapapun ukurannya, berlian yang asli akan tenggelam apabila ditaruh ke dalam air, sedangkan yang palsu akan mengambang di permukaan air.

5. Bercacat

Sebagai batuan alami, berlian memiliki cacat bawaan. Cacat ini berbentuk spot atau titik-titik kecil pada bagian dalam berlian. Karena itu pada berlian, dikenal pembagian sebagai berikut:
* I (Included) : Berlian pada kelas ini memiliki cacat yang cukup banyak dan cukup terlihat.
* SI (Slighty Included) : Berlian pada kelas ini cukup umum digunakan sebagai penghias pada perhiasan, karena spot yang dimilikinya tidak dapat dilihat selain dengan kaca pembesar.
* VVS (Very-Very Slighty included) : Pada kelas ini, berlian tampak sangat berkilau, noda pada bagian dalamnya baru terlihat dengan mikroskop dan dengan 10x pembesaran. Kualitas yang sangat baik.
* FL (Flawless) IF (Internally Flawless) : Kualitas berlian ini sangat luar biasa sempurna, dengan tidak memiliki noda sama sekali. Sayangnya, berlian kelas ini sangat langka, karena itu harganya sangat melambung jauh dibandingkan dengan saudaranya di kelas lain. Yang perlu diperhatikan adalah, harga berlian kelas ini lebih dari ratusan juta. Karena itu Anda perlu berhati-hati apabila adalah pihak yang menawarkan Anda berlian jenis ini, tetapi dengan harga yang relatif murah.round3

6. Bersertifikat Jelas

GIA adalah standar sertifikasi untuk berlian. Tetapi jangan terkecoh jika ada penjual yang menawarkan Anda berlian di bawah 0.3 Carat tetapi mengaku menyertakan sertifikat GIA untuk pembeliannya. Tanyakan dengan detail darimana dia mendapatkan sertifikat tersebut, karena Gemological Institute of America, hanya memberikan sertifikat keaslian untuk berlian minimum 0.3 Carat. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, diamond yang telat lulus tes keaslian dari mereka diberikan masing-masing tanda pada badan berlian. Jika terlalu kecil, GIA tentu akan kesulitan memberikan tanda. Pada TIARIA, untuk berlian di bawah 0.3 Carat, pembeliannya akan dilengkapi dengan sertifikat keaslian dari IGS (International Gemological Service). Keaslian berlian atau emas yang Anda beli dari kami, dapat dicek secara online dengan masuk ke situs resmi IGS, lalu memasukan nomor serial yang tertera pada sertifikat ke kolom yang tersedia. Sangat mudah dan cepat.

Demikian informasi ini kami bagikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli perhiasan berlian, atau ingin ikut investasi berlian. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini juga pada orang-orang terdekat Anda ya. XO.


Selamat memilih!

TIARIA Wish you happiness


READ MORE↓

←HUKUM MEMAKAI CINCIN EMAS BAGI PRIA MUSLIM
Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Berlian→
%d bloggers like this: