Dear Lovers,

 

Desain cincin yang kekinian, berlian yang berkilauan, ukiran di cincin yang menunjukkan tanggal jadian, semuanya menjadi percuma kalau cincin tidak bisa dipakai karena kekecilan atau kebesaran. Karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui ukuran jari dengan tepat sehingga cincin dapat tersemat nyaman di jari kita. Berikut ini 3 pilihan caranya; nomor 3 cocok untuk surprise ring, misalnya cincin lamaran!

 

  1. Datang ke toko perhiasan, minta diukurkan

Ini adalah cara yang paling akurat, karena pegawai toko akan mengukur jari kita menggunakan alat ring gauge atau finger sizer.

Finger Sizer ini adalah kumpulan cincin dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran jari bayi sampai orang dewasa terbesar sekali pun. Cara penggunaannya sangat mudah. Anda tinggal masukkan jari Anda ke salah satu cincin dan lihat apakah cincin tersemat dengan pas dan nyaman di jari Anda. Coba terus cincin-cincin lainnya sampai Anda menemukan cincin yang paling pas. Setelah menemukannya, lihat angka yang tertera di cincin tersebut. Angka itulah ukuran cincin Anda.

Walau memberikan hasil yang paling akurat, cara ini paling ‘menyusahkan’ kita. Selain karena kita harus menyediakan waktu dan tenaga untuk pergi ke toko perhiasan, juga karena biasanya ada rasa jengah kalau datang ke toko perhiasan hanya untuk mengukur jari tanpa membeli. Belum lagi kalau kita perlu sepasang cincin kawin tapi pasangan kita sibuk atau bekerja di lain pulau sehingga tidak bisa datang ke toko perhiasan secara bersamaan. Solusinya, beli saja sendiri Finger Sizer-nya! Finger Sizer ini dapat dengan mudah dibeli secara online dengan kisaran harga Rp50.000. Contohnya di sini. Tidak mahal, karena materialnya adalah plastik, bukan stainless steel seperti yang biasanya dipakai oleh toko perhiasan. Tapi fungsinya sama saja ‘kok.

Kalau merasa sayang mengeluarkan uang untuk membeli Finger Sizer, Anda bisa cek koleksi cincin emas TIARIA yang dijual online di banyak marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Akulaku. Karena kalau beli cincin emas pre-order di TIARIA, TIARIA akan mengirimkan Finger Sizer secara cuma-cuma ke alamat Anda! Place your order, duduk santai tunggu Finger Sizer tiba, ukur jari Anda, beritahu hasilnya lewat WA ke TIARIA, tunggu 19 hari kerja, dan taraaa…. Cincin pesanan dengan ukuran yang pas tiba di alamat Anda.

 

  1. Ukur sendiri dengan hanya bermodalkan kertas

Anda hanya perlu kertas, penggaris, dan satu orang untuk membantu Anda. Lakukan pengukuran dalam empat tahap seperti pada gambar:

Step 1

Potong selembar kertas menjadi ukuran 7×100 milimeter. Lingkarkan kertas tersebut di dasar jari yang hendak diukur. Bila Anda memiliki buku jari yang ekstra besar, lingkarkan kertas tersebut di bawah buku jari, bukan di dasar jari.

Step 2

Minta bantuan orang lain untuk menarik kedua ujung kertas untuk memastikan kertas tersebut mengikat jari Anda dengan kuat tetapi tidak terlalu ketat.

Step 3

Menggunakan pulpen, gambarlah garis lurus sepanjang kertas (lihat gambar).

Step 4

Lepas kertas tersebut dan ukurlah jarak antara dua garis di kertas dengan penggaris, dalam satuan milimeter. Jangan ditambahkan atau dikurangi, karena perbedaan satu milimeter saja berarti ukuran cincin yang berbeda!

 

Nah, setelah Anda mengetahui lingkar/keliling jari Anda dalam milimeter, selanjutnya ada 2 pilihan:

  1. Mengirimkan foto hasil pengukuran ini ke vendor perhiasan pilihan Anda supaya mereka bisa menentukan ukuran cincin berdasarkan informasi ini, atau
  2. Menentukan sendiri ukuran cincin Anda berdasarkan bagan berikut. Gunakan kolom yang circumference ya.

Kebanyakan toko perhiasan di Indonesia menggunakan ukuran Hong Kong. Tapi untuk berjaga-jaga, tanyakan ke vendor perhiasan pilihan Anda ukuran negara apa yang mereka gunakan. Atau sebaliknya, saat Anda memberitahu mereka ukuran jari Anda, jangan lupa sebutkan juga ukuran tersebut berdasarkan ukuran Hong Kong. Jangan kuatir, toko perhiasan yang bagus pasti bisa mengonversi ukuran Hong Kong ini ke ukuran negara lainnya yang menjadi acuan mereka.

 

  1. Gunakan cincin yang sudah ada

Prinsip cara ini serupa tapi tak sama dengan cara kedua di atas. Serupa karena menggunakan bagan yang sama; tak sama karena kalau sebelumnya yang diukur adalah lingkar/keliling (circumference), cara ketiga ini mengukur diameter.

Cara ini bisa digunakan kalau syarat ini terpenuhi: Anda harus memiliki cincin yang pas dipakai di jari yang Anda kehendaki. Jadi kalau misalnya cincin Anda saat ini kekecilan atau kebesaran, Anda tidak bisa menggunakan cara ini.

Kalau syarat ini terpenuhi, selanjutnya gampang. Letakkan cincin di atas kertas putih polos. Gunakan pulpen untuk men-trace lingkar dalam cincin tersebut sehingga akan ada gambar lingkaran di kertas putih tadi. Dengan menggunakan penggaris, ukur diameter lingkaran tersebut. Tambahkan satu milimeter pada hasil pengukuran Anda, karena pasti ada gap kecil antara garis pulpen dengan garis dalam aktual cincin. Setelah itu, tentukan ukuran cincin berdasarkan bagan yang sama di cara kedua di atas. Hanya saja, acuannya adalah kolom diameter.

Cara ini bisa digunakan untuk membeli surprise ring untuk pasangan kita. Pilihannya minimal ada 2:

Pertama, minta anggota keluarga atau sahabat pasangan kita untuk ‘meminjam’ cincin yang dimilikinya. Pastikan cincin tersebut masih muat dengan nyaman di jari pasangan kita ya. Tandanya adalah cincin tersebut masih suka dipakainya.

Kedua, saat Anda sedang bersama pasangan dan kebetulan pasangan Anda sedang memakai cincin di jari yang Anda kehendaki, pinjamlah cincin itu sebentar. Misalnya, saat pacar mau ke toilet, Anda bilang “Eh, cincinnya dilepas aja gimana? Sini aku jagain. Takutnya lepas pas kamu cuci tangan ‘kan…”. Nah, pas pacar ke toilet, segeralah buat cetakan lingkar dalam cincinnya di atas kertas dan simpan kertasnya di saku untuk kemudian diukur diameter gambar cincinnya dengan penggaris di rumah (Anda ‘ga mau bawa-bawa penggaris kemana-mana ‘kan…).

Silakan pikirkan cara kreatif lainnya untuk bisa ‘meminjam’ cincin pasangan kita. You’ll do anything for love, won’t you?

 

Masih tidak sreg dengan cara di atas untuk memberikan surprise ring? Kamu bisa beritahukan tinggi dan berat badan pasanganmu ke vendor perhiasan untuk mereka bantu tentukan ukuran jarinya; biasanya berdasarkan ukuran cincin yang paling banyak dipesan. Karena cara ini sifatnya perkiraan, tentu saja ada kemungkinan cincinnya nanti tidak fit comfortably. Karena itu, carilah vendor yang menyediakan jasa resizing, malah kalau bisa gratis. Salah satu vendor yang menyediakan layanan resizing dengan gratis adalah TIARIA. Berlaku untuk satu kali resizing, kapan saja seumur hidup.

%d bloggers like this: